Kamis, 13 Desember 2012

Layanan bk di sekolah dasar

  • 1. Layanan BK di Sekolah Dasar Nama kelompok :
  • 2. Bimbingan dan KonselingMerupakan suatu proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan profesional yang dibekali oleh pembimbing kepada yang dibimbing ( peserta didik ) agar ia dapat berkembang secara obtimal
  • 3. Tujuan Bimbingan di Sekolah Dasar1. Membantu anak didik memahami diri sendiri dan yang berkaitan dengan kebutuhan lingkungannya.2. Agar anak dapat membantu dirinya sendiri untuk mengadakan penyesuaian pribadi & sosial.3. Agar anak mampu melewati masa transisi, dari lingkungan keluarga di rumah ke lingkungan teman sebaya dan guru / sekolah.
  • 4. Selanjutnya....4. Membantu proses perubahan dari kanak – kanak sebagai makhluk individu yang menonjol keunikannya, menjadi makhluk sosial, dengan jalan optimasi perkembangan penyesuaian pribadi dan sosial yang memadai.5. Menguasai bahan ajaran tuntutan kurikuler.6.Memecahkan masalah – masalah belajar yang dihadapi murid.
  • 5. 7. Memahami anak usia sekolah Dasar:a. Memahami anak sama halnya dengan mengikuti pertumbuhan anak. Ada anak yang tumbuh dengan cepat dan ada juga anak yang tumbuhdengan lambat.
  • 6. b.Perbedaan kecepatan perkembangan anak dapat disebabkan oleh pembawaan maupun oleh pengalaman hidup seperti gizi, dan penyakit.C.Teman sebaya juga beperan penting pada moral dan perilaku anak.
  • 7. d. Tujuan anak bermain dengan teman sebaya adalah :Mengenali perbedaan antara laki – laki dan perempuan Belajar untuk mandiri dari orang tua Belajar mengontrol emosiBelajar membedakan mana salah dan mana yang benar
  • 8. Prinsip Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar1. Bimbingan untuk semua. Setiap siswa memiliki hak untuk mendapat layanan bimbingan dari gurunya. Bimbingan diberikan bukan kepada siswa tertentu, melainkan pada siswa yang normal, bahkan yang brilian sekalipun.2. Bimbingan dan konseling di laksanakan oleh semua guru kelas, dan bimbingan diberikan secara langsung.
  • 9. 3. Bimbingan mengakui bahwa siswa tengah mengalami proses yang menjadi, yang berarti guru harus lebih banyak melihat anak dari sisi positif dari pada sisi negatifnya.4. Program bimbingan akan dapat terlaksana efektif jika diupayakan melalui kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan orang tua siswa.
  • 10. Peran Guru dan Orang tua dalamBimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar1. Peran Guru a. Guru harus berupaya untuk mengenal intelegensi anak, baik yang menonjol maupun yang lemah, mengenal sifat – sifat pribadi yang khas, dan menelaah prestasi siswa dari waktu ke waktu beserta latar belakang kehidupan keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Data tersebut semua dicatat dalam buku pribadi siswa
  • 11. b. Mengidentifikasi gejala – gejala pada diri anak dalam kegiatan di sekolah.c. Melaksanakan kontak dengan orang tua, dengan cara mengadakan kunjungan rumah.
  • 12. 2.Peran Orang Tuaa. Menjadi Sumber Belajar.b. Memberi Ganjaran kepada Anakc. Berupaya Memenuhi Perlengkapan Belajar
  • 13. Status Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.1. Dilaksanakan guru kelasGuru Sekolah Dasar harus melaksanakan ketujuh layanan bimbingan konseling tersebut agar setiap permasalahan yang dihadapi siswa dapat diantisipasi sedini mungkin sehingga tidak menggangu jalannya proses pembelajaran. Dengan demikian siswa dapat mencapai prestasi belajar secara optimal tanpa mengalami hambatan dan permasalahan pembelajaran yang cukup berarti.
  • 14. Dilaksanakan tenaga ahli/konselor yang professional dibidangnya.• Penguasaan ilmu dalam hal bimbingan dan konseling tidak diragukan lagi sehingga hasil yang tercapai akan maksimal, Tetapi ada beberapa kendala yang terjadi disini yaitu:1. Guru BK belum terealisasikan di sekolah dasar, jikalau ada tidak setiap hari. Jadi bimbingan yang terjadi tidak maksimal2. Komunikasi dengan pihak orangtua kurang erat karena guru BK yang tugasnya tidak menetap di SD sulit untuk bertemu dengan wali murid.
  • 15. 3. Pemantauan perkembangan siswa kurang baikkarena tidak ketemu dengan siswa setiaphari, padahal bimbingan itu harus berkesinambungan4. Jarak antara rumah konselor dengan walimurid sangat jauh tidak seperti guru SD yangrata-rata tempat tinggal mereka satu wilayahdengan sekolah, sehingga konselor akankesulitan jika akan mengadakan kegiatankunjungan kerumah. 
 sumber ; http://www.slideshare.net/khoituddin/layanan-bk-di-sekolah-dasar-13158786

Tidak ada komentar:

Posting Komentar